image

Santunan Yatim

Rp. 23,163,101

/

oo

0.00%

Bismillahirrohmanirrahiim

Alhamdulillah wa assholatu wa assalaam 'alaa rasulillah wa 'alaa aalihi wa ashaabihi ajma'in...

Amma ba'du

Anak yatim dan janda miskin adalah kalangan orang-orang yang butuh untuk mendapatkan santunan dan juga uluran tangan dari kita. Mereka telah kehilangan penanggung nafkah mereka sehingga beban hidup akan mereka tanggung secara mandiri. Telah banyak kita lihat kondisi mereka sangat membutuhkan bahkan terkadang untuk sesuap nasi mereka kadang kesusahan. Oleh karenanya kami melalui program ini mengajak kaum muslimin untuk berbagai kebahagiaan bersama mereka yaitu kaum janda dan anak yatim agar meringankan beban mereka.

Mari kita renungkan bersama hadits Rasulullah berikut,

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ : « مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ، وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِى الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ » رواه مسلم

Dari Abu Hurairah dia berkata, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang membantu seorang muslim (dalam) suatu kesusahan di dunia maka Allah akan menolongnya dalam kesusahan pada hari kiamat, dan barangsiapa yang meringankan (beban) seorang muslim yang sedang kesulitan maka Allah akan meringankan (bebannya) di dunia dan akhirat”.

Hadits yang agung menunjukkan besarnya keutamaan seorang yang membantu meringankan beban saudaranya sesama muslim, baik dengan bantuan harta, tenaga maupun pikiran atau nasehat untuk kebaikan. 

Terkhusus anak yatim Rasulullah menjelaskan keutamaan tersendiri diantaranya adalah sebagai berikut 

1. Hadits riwayat Imam Bukhari

عَنْ سَهْلٍ بْنِ سَعْدٍ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِي الْجَنَّةِ هَكَذَا ، وَأَشَارَ بِالسَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى وَفَرَّجَ بَيْنَهُمَا شَيْئًا

Dari Sahl bin Sa’ad r.a berkata: “Rasulullah SAW bersabda: “Saya dan orang yang memelihara anak yatim itu dalam surga seperti ini.” Beliau mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengahnya serta merenggangkan keduanya.”

Daud a.s berkata: “Bersikaplah kamu kepada anak yatim sebagaimana seorang bapak yang penyayang.”

Dari Abu Hurairah r.a berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Saya dan orang yang memelihara  anak yatim di surga, seperti ini (sambil merenggangkan jari telunjuk dan jari tengah).”

2. Hadits riwayat Imam Muslim

كَافِلُ الْيَتِيمِ لَهُ أَوْ لِغَيْرِهِ أَنَا وَهُوَ كَهَاتَيْنِ فِي الْجَنَّةِ وَأَشَارَ مَالِكٌ بِالسَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى

“Orang yang menanggung (mengasuh) anak yatim miliknya atau milik orang lain, aku dan dia seperti dua jari ini di surga.” Malik (perowi hadits) mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah.” (HR. Muslim)

Maka selayaknya kita yang telah Allah karuniakan kepada kita kelebihan harta, menjadi kesempatan emas untuk mendapatkan kemuliaan dan keutamaan di atas. 


Rekening Santunan Yatim PP. Al-Furqon Al-Islami Gresik

BNI Syariah (Kode : 427) 1047-4527-07 an. Muhammad Yusuf Santunan

Format konfirmasi : #nama#alamat#jumlah#santunanyatim#

Konfirmasi Donasi : (WhatsApp/SMS) 0812-3490-1747

Penyaluran Donasi
Tanggal Nama Nominal #
15 Januari 2021 Santunan Anak Yatim 3,150,000 Lihat Detail
 Donasi Sekarang

Rincian Donasi Masuk